Geometric Problems
Definisi Geometric Problems
Geometric Problem merupakan suatu permasalahan yang mempelajari algoritma yang berhubungan dengan ilmu geometri : titik,garis,poligon dan lain-lain. Dengan kata lain yaitu studi tentang masalah geometris dari sudut pandang komputasi. Intinya adalah teknik-teknik untuk mendesain dan menganalisis algoritma geometrik.
Closest Pair Problem
Closest pair problem adalah masalah dalam ilmu matematika diskrit yaitu untuk menghubungkan dua titik yang memiliki jarak terkecil. Dan algoritma yang bisa digunakan adalah pendekatan Brute Force atau Divide and Conquer. Tetapi, algoritma Divide and Conquer memiliki hasil yang lebih baik dari algoritma Brute Force. Meskipun memiliki hasil yang lebih baik tetapi menggunakan Divide and Conquer prosesnya lebih rumit dibanding dengan algoritma Brute Force karena dibutuhkan analisis yang lebih mendalam.
2. Convex Hull Problem
No | Algoritma | Penemu | Tahun |
1 | Brute Force | N/A | – |
2 | Graham Scan | Graham | 1972 |
3 | Jarvish March | Jarvish | 1973 |
4 | Divide and conquer | Preparata & Hong | 1977 |
5 | Monotone Chain | andrew | 1979 |
6 | Incremental | kallay | 1984 |
7 | Marriage before Conquest | Kirkpatric & Seidel | 1896 |
Beberapa hal yang bisa diaplikasikan dari ilmu Algoritma Geometrik :
- Computer Graphics
Kegunaan algoritma geometri yaitu untuk menggambarkan, membuat, dan memvisualisasikan dunia nyata yang kompleks ke dunia virtual. Seperti yang sering kita lihat di film-film, video games, atau simulasi virtual. - Shape ReconstructionYaitu merekonstruksi suatu objek 2D ke dalam model komputer 3D. Biasanya digunakan untuk pencitraan alat medis, mikroskop, geologi, dan lain-lain.
- Computer Vision
Yaitu untuk pemulihan struktur 3D dari gambar 2D, terutama yang menggunakan informasi stereoscopic dan gerak. Pengaplikasian ini juga termasuk segmentasi citra untuk mengekstrak sebuah informasi tentang objek dalam sebuah adegan. - Geographical Information Systems
Pengaplikasian dalam bidang ini meliputi pemodelan dan perkiraan medan yang rumit, serta analisis dari klasifikasi lahan, perencanaan pembangunan, dan lainnya. Untuk sistem transportasi juga digunakan untuk perencanaan rute, pemantauan kepadatan lalu lintas, dan lain-lain. - Mesh Generation
Digunakan dalam pemodelan elemen hingga struktur teknik dan cairan (Hydro dan Aero) misalnya simulasi terowongan angin, peramalan cuaca, dan lain-lain. Mesh Generation adalah aspek geometri yang terkait dengan algoritma untuk membangun pemodelan baik pada objek 2D maupun 3D. - RoboticsAlgoritma geometrik diperlukan untuk memecahkan masalah perencanaan gerak robot.
Referensi:
- https://id.scribd.com/document/28192054/Implementasi-Algoritma-Divide-and-Conquer-Untuk-Penyelesaian-Masalah-Convex-Hull
- https://en.wikipedia.org/wiki/Closest_pair_of_points_problem
- http://informatika.stei.itb.ac.id/~rinaldi.munir/Stmik/2010-2011/Makalah2010/MakalahStima2010-055.pdf
- https://cumaghaya.blogspot.co.id/2016/10/geometry-problems.html
Tidak ada komentar: